Image-1

Ransum merupakan komponen utama yang mendukung pemeliharaan ternak bahkan menjadi salah satu faktor keberhasilan usaha ternak. Jika kualitas, jumlah pemberian, dan teknik pemberiannya tidak diperhatikan oleh peternak, maka akan menyebabkan target performa tidak tercapai dan tentunya juga menyebabkan kerugian ekonomi. Maka dari itu, self mixing menjadi salah satu cara yang bisa digunakan agar hasil produksi bisa maksimal, dan inilah yang mendasari Medion bersama Majalah Trobos memberikan pengetahuan yang mumpuni dalam melakukan self mixing ransum bagi peternak layer melalui edukasi webinar “Mimbar Trobos Edisi ke-37”.

Kegiatan edukasi ini diselenggarakan pada 27 Juli 2023 via daring (Zoom) dari pukul 10.00 hingga 12.00 WIB. Dengan menghadirkan pembicara ahli yakni Prof. Dr. Ir. Nahrowi Ramli M.Sc (Konsultan Nutrisi Pakan Ternak), Ir. Yahya Munirudin, Spt, MP, IPM (Technical Consultant, Animal Protein U.S Soybean Export Council, Indonesia), Prof. Dr. Muhammad Halim Natsir, S.Pt,MP.IPM. ASEAN Eng (Dekan Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya 2023 – 2028), dan Neneng Arofah, S.Pt (Technical Education & Consultation Medion) dan mengangkat tema “Formulasi Ransum Self Mixing Peternak Layer”.

Dalam pemaparan materi disampaikan bahwa pemilihan mencampur pakan sendiri (self mixing) atau menggunakan konsentrat atau pakan komplit, menjadi pertimbangan antara keuntungan dan risiko. Kunci keberhasilan dalam mencampur pakan, yaitu 4P. Mulai dari penerimaan bahan, perhitungan formulasi, pencampuran, dan pemberian pakan pada ternak. Materi yang disampaikan menjadi informasi sekaligus wawasan baru bagi peserta. Terlihat dari antusiasme lebih dari 300 peserta yang hadir selama sesi berlangsung.

Selain membahas mengenai formulasi ransum self mixing, Medion juga pernah memberikan edukasi di Mimbar Trobos  sebelumnya mengenai Efektivitas Herbal untuk Kesehatan Unggas, Penyakit Bakterial pada Unggas, dan Waspada AI Kembali Mengancam. Ini merupakan bukti nyata Medion terus aktif dalam memberikan informasi dan edukasi terkini mengenai dunia peternakan.

Self Mixing, Formulasi Ransum Maksimal dan Efisien

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

15 + thirteen =