Penggunaan produk herbal dapat bermanfaat bagi kesehatan fungsi hati yang sangat berpengaruh pada proses metabolisme dan produktivitas ternak. Selain itu, penggunaan produk herbal dapat meningkatkan nilai hasil ternak. Kabupaten Bulukumba merupakan salah satu kabupaten di pesisir Sulawesi Selatan. Wilayah ini sangat berpotensi dalam industri perunggasan karena merupakan wilayah yang strategis untuk pendistribusian hasil ternak ke berbagai wilayah di Indonesia bagian Tengah dan Timur.

Melihat potensi wilayahnya, Andi Sri Irma S.Pt kemudian mendirikan poultry shop sejak sembilan tahun lalu dan juga terjun langsung melakukan budi daya ayam petelur (layer). “Saya memilih untuk beternak layer dengan kapasitas awal sebanyak 1.600 ekor. Dalam kurun waktu 4 tahun populasi kami telah mencapai puluhan ribu ekor,” ujar pemilik Surya Multifarm KK ini. Irma menjelaskan bahwa perkembangan peternakan layer di wilayah Kabupaten Bulukumba terus meningkat. Hingga saat ini, pertumbuhan populasi layer mencapai 1,2 juta ekor. Adanya pelabuhan yang menghubungkan dengan Sulawesi Tenggara dan Nusa Tenggara Timur membuat produk hasil ternak Kabupaten Bulukumba dapat terdistribusi ke wilayah lain. “Diperlukan perhatian khusus untuk menjaga kualitas dan kestabilan hasil produksi untuk mencukupi permintaan telur dari peternakan kami,” ungkapnya.

Pengalaman Irma dalam memelihara peternakan layer yang berlokasi di Ujung Loe, Kabupaten Bulukumba tentu juga diwarnai dengan pengalaman seperti gangguan kesehatan. Menurutnya, seringkali terjadi penurunan produksi telur dalam satu periode pemeliharaannya. Setelah dikonsultasikan dengan personil Medion dan dilakukan pemeriksaan pengecekan PCR/sequencing ternyata saat itu terjadi masalah pada fungsi hati.

“Saya mengamati jika cuaca sedang tidak bagus, amonia tinggi, munculnya mikotoksin dan pemberian obat yang tidak tepat dapat menimbulkan kerusakan pada fungsi hati,” jelasnya. Rusaknya fungsi hati dapat mengakibatkan proses metabolisme ternak terganggu sehingga nafsu makan menurun yang berdampak pada produksi telur, serta terjadi imunosupresi.

Diperlukan berbagai penanganan untuk pencegahannya dengan meningkatan biosekuriti, memperbaiki manajemen pakan, mengurangi penggunaan obat-obatan dan dilakukan pemberian hepatoprotektor. Setelah mengenal Medion melalui personilnya, Irma mengaku permasalahan tersebut dapat teratasi. “Kepuasan kami menggunakan produk Medion didukung dengan keberadaan para personiel Medion yang selalu cepat tanggap dan selalu hadir membantu kami. Selain itu, kami mengetahui informasi berbagai produk terbaru Medion salah satunya produk herbal Heprofit melalui buletin Info Medion yang selalu kami terima. Sejak awal kami sudah mempercayai kebutuhan obat-obatan dan suplemen ternak kami dengan menggunakan produk-produk Medion,” ujar Irma.

Penggunaan herbal sebagai hepatoprotektor

Ramuan herbal sudah banyak dimanfaatkan sebagai alternatif pengobatan untuk menjaga kesehatan ternak dan mengurangi penggunaan antibiotik kimia yang berlebihan pada unggas. Heprofit merupakan suplemen cair yang mengandung ekstrak herbal untuk melindungi sel hati dari kerusakan atau sebagai hepatoprotektor.

“Saat produk Heprofit diluncurkan, kami diberikan tester untuk menggunakan produk ini, ternyata sangat berpengaruh. Kebetulan ada kasus di peternakan kami, ternak kami sakit lalu kami berikan obat bersamaan dengan pemberian Heprofit. Hasilnya dalam waktu 3 hari, ternak sudah sehat kembali. Pemberiannya sesuai dengan petunjuk penggunaan dengan pemberian sebanyak 0,5 ml per 2 liter air minum,” terangnya.

Selama ini menurut Irma bahwa penggunaan rutin Heprofit telah memberikan keuntungan karena terbukti mampu melindungi dan memperbaiki fungsi hati. Selain itu, kondisi hati kembali berfungsi normal sehingga ternak miliknya pun sehat, produksi telur tetap lancar, lebih aman saat diberikan kepada ternak, sangat efektif dan praktis untuk digunakan.

“Kami memiliki rencana untuk menambah nilai hasil produk ternak kami dengan memberikan obat-obatan, suplemen herbal dan tidak menggunakan produk kimia. Kami juga berharap semoga Medion terus berinovasi untuk menghasilkan varian produk-produk herbal lainnya yang bermanfaat bagi ternak- ternak kami,” tutupnya.

Produk Herbal yang Melindungi dan memperbaiki fungsi hati

Leave a Reply

Your email address will not be published.

five × four =