Pada acara pembukaan Indo Livestock Expo & Forum 2023 di Grand City Convex, Surabaya, Indonesia, Medion sebagai perusahaan yang memproduksi produk kesehatan ternak, berhasil meraih penghargaan Indo Livestock Innovation Award 2023. Acara ini diselenggarakan oleh Yayasan Pengembangan Peternakan Indonesia (YAPPI) bekerjasama dengan PT Napindo Media Ashatama dan didukung Kementerian Pertanian, serta Kementerian Hukum dan HAM. Terdapat 42 peserta yang mendaftar baik perguruan tinggi, lembaga riset, lembaga pemerintah, asosiasi, maupun pelaku usaha yang berkompetisi untuk mendapatkan pengakuan atas hasil karya inovatif dalam program penghargaan di bidang peternakan dan kesehatan hewan.

Pemilihan pemenang award dilakukan melalui serangkaian proses penilaian secara ketat dan independen oleh dewan juri yang berasal dari lembaga perguruan tinggi dan pemerintah serta asosiasi profesional yang beranggotakan antara lain Prof. Dr. Ir. Erika B. Laconi, MS., Prof. Dr. Ir. Muladno, MSA., Prof. Dr. drh. C.A. Nidom, MS., Dr. Ir. Tri Prartono, M.Sc., Dr. Ir. Riwantoro, MM. Tahapan seleksi meliputi seleksi administrasi dilanjutkan dengan tahap desk review secara kualitatif dan kuantitatif untuk memilih 10 (sepuluh) nominee untuk diproses ke tahapan selanjutnya, yaitu verifikasi lapangan terhadap 6 terbaik dari 10 nominee. Tahapan terakhir, dewan juri menetapkan 3 pemenang inovasi terbaik yang berhak menerima Indolivestock Innovation Award 2023.

Medion dengan Tim Pengembangan Produk yang handal dan solid menjawab tantangan di industri kesehatan ternak dengan terus berinovasi menciptakan produk yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan peternak. Salah satu inovasi yang dihasilkan yaitu produk Mediherba, rangkaian produk herbal berkualitas terbuat dari kandungan ekstrak herbal alami pilihan dengan dosis tepat melalui kajian ilmiah, uji stabilitas, uji quality control yang ketat dan terjamin efektivitasnya karena telah dibuktikan dengan pengujian pada hewan target. Medion memulai pengembangan produk herbal sejak tahun 2011 dan hingga saat ini telah menghasilkan 18 produk herbal dan masih akan terus berinovasi mengembangkan produk herbal lainnya.

Melalui produk FASBRO salah satu produk Mediherba, Medion berhasil meraih “Widhi Catha Satwa Nugraha”. FASBRO dinilai oleh Dewan Juri memenuhi kriteria produk inovatif yang meliputi kebaruan, Hak atas Kekayaan Intelektual (HAKI), implementasi, serta faktor keberlanjutan. Selain diuji secara internal, efektivitas FASBRO untuk meningkatkan performa ayam broiler dan kadar kolesterol daging juga telah diuji oleh Universitas Diponegoro, Jawa Tengah pada tahun 2019. Selain itu, Medion juga telah berhasil mendapatkan berbagai penghargaan antara lain sebagai Produsen Obat Herbal terbanyak dan Produsen Dalam Negeri Terproduktif dari BBPMSOH, serta meraih Peringkat Biru pada Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Peter Yan selaku komisaris Medion hadir untuk menerima penghargaan dan mengungkapkan latar belakang terciptanya produk inovatif, FASBRO. Menurutnya, Indonesia memiliki aneka ragam tumbuhan herbal yang dapat dimanfaatkan untuk membantu meningkatkan produktivitas ternak. FASBRO mengandung ekstrak herbal yang terbukti bermanfaat untuk menekan Feed Conversion Ratio (FCR), meningkatkan bobot badan dan meningkatkan kualitas daging (jumlah daging lebih banyak dan lebih rendah kolesterol) sehingga menguntungkan bagi peternak dan lebih sehat bagi konsumen.

Keberhasilan Medion dalam meraih Indo Livestock Innovation Award 2023 menjadi pemacu untuk terus berinovasi menghasilkan produk kesehatan ternak yang berkualitas dan bermanfaat bagi industri peternakan Indonesia di masa kini dan masa yang akan datang.

Medion Raih Penghargaan Indo Livestock Innovation Award 2023

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 + seventeen =