Penyakit parasit pada unggas perlu diwaspadai. Bahaya yang mengintai melalui penyakit ini dapat merugikan. Parasit seperti koksidiosis dan cacingan menyebabkan gangguan penyerapan nutrisi sehingga mengganggu pertumbuhan dan penurunan berat badan. Pada ayam petelur, gangguan parasit yang berat dapat menyebabkan penurunan produksi hingga peningkatan kematian. Berdasarkan data dari BMKG, diperkirakan awal November hingga Desember telah memasuki musim penghujan di beberapa daerah. Tantangan yang dihadapi adalah penurunan sanitasi kandang dan keberadaan vektor penyakit parasit seperti lalat, nyamuk, dan serangga yang meningkat. Oleh karena itu perlu waspada terhadap resiko peningkatan penyakit parasit.

Strategi dalam penanganan dan pencegahan penyakit parasit pada unggas diperlukan untuk mengatasi hal tersebut. Oleh karena itu, diadakan seminar dengan tema “Strategi Berantas Penyakit Parasit Pada Unggas” secara online via Zoom dan Youtube pada Selasa, 24 Oktober 2023 dan diikuti 180 orang peserta. Seminar ini diselenggarakan oleh majalah Trobos dengan mengundang tiga pembicara yang ahli pada bidangnya, yakni drh. Ayu Miftahul Khasanah sebagai Technical Education and Consultation Medion, Dr.drh. Rositawati Indrati., MP selaku Dosen Fakultas Ilmu Peternakan Universitas Brawijaya, dan Bima Ambar Sogindor, S.Pt yang merupakan Manager Produksi PT. Rumput Ilalang Hijau

Dalam pemaparannya, drh. Ayu Miftahul Khasanah menyampaikan strategi pencegahan penyakit parasit yaitu melalui penerapan biosecurity yang ketat (terutama sanitasi kandang, pengapuran kandang, istirahat kandang, dan pengendalian vektor penyakit), manajemen pemeliharaan yang baik, serta monitoring uji parasit sebagai early warning. Medion juga mengembangkan feed additive herbal Optigrin untuk mengoptimalkan kerja saluran pencernaan. Optigrin bekerja dengan cara melindungi usus dan mencegah pertumbuhan protozoa (penyebab koksidiosis) di dalam usus.

Sebagai referensi tambahan atau acuan dalam mencegah serta menghadapi penyakit pada unggas, dapat juga membaca buku “Penyakit-Penyakit Penting pada Ayam” yang diterbitkan Medion. Hal ini menjadi komitmen dan bukti bagi Medion untuk terus melakukan penyebaran edukasi maupun informasi terkini mengenai dunia perunggasan.

Medion Berikan Strategi Hadapi Penyakit Parasit pada Unggas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen + 2 =